Langsung ke konten utama

SEBENARNYA ALLAH ITU TIDAK ADA (Kata si tukang cukur)

Di sebuah senja di sudut kota,ada seorang
lelaki datang ke sebuah baber shop
langgananya untuk mencukur rambutnya yang sudah mulai panjang dan tidak beraturan.

Lalu tanpa basa- basi lagi si tukang cukur
mempersilahkan dan mulailah dia dengan
tugas nya mencukur rambut si lelanggan
tadi.

Dengan tangan yang lincah dan cekatan dia memotong rambut pelangganya, sesekali dia sambil mengajak ngobrol pelangganya, semenit dua menit di lewati obrolan itu masih datar-datar saja, sampai tiba-tiba tukang cukur itu bilang pada pelangganya

"Di pikir-pikir allah itu tidak ada ya"..
"kenapa kamu bisa bilang begitu"?? tanya
pelanggan

Bapak coba lihat orang-orang di luar sana, diseberang di persimpangan jalan itu,kalau allah ada. Kenapa allah membiarkan orang - orang yang hidup penuh derita seperti mereka?

Si pelanggan masih dengan sabar mendengarkan celotehan si tukang cukur
sambil mencari jawaban yang tepat dan masuk akal untuk menjawab pertanyaan si tukang cukur itu.

Lalu si tukang cukur kembali berkata kepada pelanggan.

"Lihat Pak, Kenapa allah membiarkan orang-orang cacat seperti mereka bersusah payah mencari rizki di jalanan,bahkan sampai- sampai ada yang bunuh diri segala karena tak kuat menghadapi tekanan hidup??"

Katanya allah itu kan maha pengasih lagi
penyayang??
"Di mana allah?"

Saking serunya obrolan itu,tak terasa sudah
beres si tukang cukur memotong rambut
pelangganya. 

Lalu pelanggan tadi beranjak ingin keluar dari baber shop itu sambil mencari
jawaban atas pertanyaan-pertanyaan si tukang cukur tadi. 

Baru beberapa langkah di pintu keluar, dia tertegun melihat seorang lelaki di pinggir jalan dengan rambut panjang, gimbal dan acak2an. Sesaat dia terdiam, lalu kembali membalikan badan dan sembari bilang pada si tukang cukur.

"Sebenar tukang cukur itu tidak ada ya.."??
Maksud bapak apa.."? Kata si tukang cukur.
Saya ada disini dan baru saja saya mencukur rambut bapak"..

Lalu pelanggan itu berkata
"Lihatlah anak muda di pinggir jalan itu, kenapa si tukang cukur membiarkan saja, ada orang rambutnya acak-acakan dan gimbal tak beraturan seperti itu.."??
"Di mana tukang cukur itu"?.

Lalu tukang cukur berkata
"Dia seperti itu karena dia tidak datang
padaku dan memnta cukur padaku Pak..".

"Nah.. Jawabanya iuga seperti itu atas
pertanyaanmu tadi, Allah SWT sebenarnya tidak membiarkan orang-orang dalam
kesusahanya, tapi mereka sendirilah yang tidak mau mendekat dan memohon kepada Allah atas rizki dan berkah untuk kehidupanya"

Lalu tukang cukur terdiam dan manggut-
manggut tanda dia memahami jawaban
pelanggan tadi.

Sahabat fillah perindu syurgaNya, dari cerita singkat di atas kita bisa memetik
hikmahnya, bahwa allah tidak akan merubah keadaan kita dan membiarkan kita dalam keadaan yang kita rasakan. Jika kita sendiri tidak berusaha untuk merubah keadaan kita dan berusaha untuk mendekatkan diri memohon padaNya.

Allah Ta'ala berfirman
"Dan apabila hamba-hambaKu bertanya
kepadamu tentang Aku, maka jawablah
bahwasanya Aku adalah dekat. Aku
mengabulkan permohonan orang vang berdoa apabila ia memohon kepadaKu, maka hendaklah mereka itu memenuhi segala perintahKu dan hendaklah mereka beriman kepadaKu, agar mereka selalu berada dalam kebenaran". (Al-Baqarah: 186)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 NAMA NERAKA DAN PENGHUNINYA

1. NERAKA HAWIYAH: diperuntukkan atas orang-orang yang ringan timbangan amalnya, yaitu mereka yang selama hidup di dunia mengerjakan kebaikan bercampur keburukan. Orang muslim laki-laki maupun perempuan yang perbuatan sehari- harinya tidak sesuai dengan ajaran Islam, maka Hawiyah sebagai tempat tinggalnya. Mereka ini yaitu orang yang tidak mau menerima syariat Islam, tidak mau memakai jilbab (bagi wanita), memakai sutra dan emas (bagi lak- laki), mencari rejeki dengan cara tidak halal, memakan riba dan lain sebagainya. Dalam Al-Qur’an terdapat pada surah (Al-Qori’ah ayat 8-11) 2. NERAKA JAHIM  adalah neraka sebagai tempat penyiksaan atas orang-orang musyrik atau orang-orang yang menyekutukan ALLAH, maka sesembahan mereka akan datang untuk menyiksa mereka. Orang yang di dunia menyembah sapi (bangsa Hindu) maka sapi yang akan menyiksa orang itu. Orang yang menyembah patung berbentuk hewan, maka patung itu yang akan menyiksanya. Dan demikian selanjutnya. Syirik disebut sebagai dos

Belajar Bahasa Arab

Assalamualaikum wr.wb belajar bahasa Arab yuk...😊 Afwan = maaf. Na’am = iya Laa = Tidak Laa Adri = tidak tahu Laa ba’sa = tidak apa-apa ___________________________________ 🌷Syukron = terima kasih,  apabila ada orang memberikan ucapan “syukron” bisa dijawab “afwan”, jadi afwan bisa juga artinya “sama-sama”. 🌷Tafadhdhol= silahkan (untuk laki-laki) 🌷Tafadhdholy = silahkan (untuk perempuan) 🌷Mumtaz = keren, bagus banget, istimewa 🌷Barakallah fikum = semoga ALLAH memberi kalian berkah 🌷Wa anta kadzalik = begitu juga kamu 🌷Ayyul khidmah = ada yg bisa dibantu ? 🌷Jazakumullah khayran katsir = semoga ALLAH memmbalas kalian dengan kebaikan yang banyak 🌷Rahimakumullah = smoga ALLAH merahmati kalian 🌷Hafizhanallah = semoga ALLAH menjaga kita 🌷Hadaanallah = semoga ALLAH memberikan kita petunjuk/hidayah 🌷Allahu yahdik = semoga Allah memberimu petunjuk/hidayah Afwan, berhubung ada yang bertanya tentang arti kalimat-kalimat umum dan Dhomir (kata ganti

BERNILAI Tentang Diri Kita

Saya menemukan uang 50.000 diselokan, bentuknya kumal dan bau kencing. Saya bersihkan dan saya berpikir sekumal apapun uang ini tetap nilainya 50.000. Lalu jika kebetulan uang tersebut ada di tong sampah apakah nilainya masih sama 50.000 ? Jika uang tersebut saya temukan di jalan, diinjak injak orang, apakah nilainya masih sama 50.000 ? Ternyata dimanapun uang tersebut berada, nilainya tetap sama. Saya berpikir lagi mungkin beda cerita jika saya menemukan uang ini dalam keadaan terkoyak, pasti tidak akan bernilai lagi. Tapi... Upsss.... !!! Terkoyak kan bisa ditempel pakai plester ? Saya ingat mamak saya dulu menempel uang yang sobek pakai nasi. Jika ada uang yang sobek segera mamak saya berlari kedapur membuka periuk dan mengambil sebutir nasi untuk menempel uang tersebut dengan secobek buku tulis. Ohh... Berarti sekalipun uang itu koyak nilainya tetap sama. ------- Begitu juga hidup kita... Kadang kita merasa tidak berharga karena kita pengangguran dan miskin